Jakarta (ANTARA News) – Operator telekomunikasi 3 (Tri) Indonesia mengalami lonjakan trafik saat liburan akhir tahun yang dikontribusi oleh tingginya penggunaan layanan data dan didominasi oleh aktivitas online games.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, 3 Indonesia menyatakan bahwa lebih dari 1 juta pelanggan memainkan online games selama musim liburan akhir tahun dan telah memicu kenaikan trafik hingga 90 persen.  

Selain itu, anak muda Indonesia juga menikmati liburan dengan melakukan perjalanan darat dan memanfaatkan aplikasi navigasi sebagai pemandu perjalanan mereka.

Trafik penggunaan aplikasi navigasi ini melonjak hingga 85 persen, menunjukkan perilaku siginifikan pelanggan 3 yang menyukai perjalanan.

Selama melakukan perjalanan darat, pelanggan 3 juga melakukan video streaming menggunakan ponsel mereka. Trafik video streaming juga mengalami peningkatan hingga 40 persen dibandingkan hari biasa.

“Untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi selama musim liburan ini, kami telah memperluas jaringan dengan lebih dari 7.000 BTS berteknologi 4.5G, 4G LTE dan  fiber optic berjaringan nasional,” ujar Chief Technology Officer of 3 Indonesia, Desmond Cheung.

Jaringan 3 Indonesia diperkuat oleh teknologi 4.5G di 171 kota dan 4G di 281 kota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok.

Sejumlah mobile BTS telah dikerahkan di titik-titik tujuan wisata, pusat keramaian terutama rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan telekomunikasi.

Tri Indonesia juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat.  

Diberlakukannya sistem ini akan memudahkan bagi 3 untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet, meningkatkan kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar.

Secara umum, 3 menyebutkan terjadi lonjakan  trafik data sebesar 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Cianjur, Sukabumi, Kediri, Gorontalo dan Makassar, serta kota kunjungan wisata seperti  Yogyakarta, Solo dan Bali.

Baca juga: Pasca ketentuan registrasi kartu, Tri sebut tingkah laku pelanggan berubah

Baca juga: Mudahkan akses konten digital, Tri hadirkan solusi bayar pakai pulsa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019